Senin, 03 Juni 2013

Perjalanan Menuju ke Kota Bangun, Kutai Kartanegara


Baiklah hari ini saya akan bercerita tentang perjalanan saya ke kampung halaman saya yaitu Kecamatan Kota Bangun Kabupaten Kutai Kartanegara Provinsi Kalimantan Timur. Hampir memakan waktu 4 jam untuk sampai kesana dari Kota Samarinda. Normalnya sebenarnya bisa ditempuh 3 jam saja dengan menggunakan motor. Tapi berhubung jalan yang rusak parah disekitar wilayah Jahab dan sekitar wilayah simpang menuju Jonggon maka mau tidak mau harus merasakan perjalanan yang panjang tersebut.
Namun saat ini jalan-jalan yang dulunya rusak sudah diperbaiki meskipun masih ada jalan yang masih rusak dan tentu saja sekarang ini perjalanan ke Kota Bangun bisa lebih cepat dari sebelumnya dan semakin mudah dengan jalan-jalan yang sudah diperbaiki. Melihat Kecamatan Kota Bangun serasa mendapatkan ketenangan. Jauh dari hiruk pikuk kota. Namun, kecamatan yang tidak begitu luas ini sepertinya mulai terusik dengan eksploitasi alam. Penggalian batubara yang berlebihan perlahan-lahan memudarkan keeksotisan dari hutan-hutan lebat khas Pulau Kalimantan. Apakah ini akan terus berlanjut hingga tinggal menunggu waktu saja dimana bencana itu akan datang secara tiba-tiba?

Entahlah! Hanya waktu yang akan menjawabnya. Yang pasti, keindahan Kecamatan Kota Bangun merupakan hal langka yang bisa saya lihat. Apalagi, Kecamatan ini dikelilingi oleh Danau Semayang yang merupakan habitat dari hewan jenis mamalia air yang hampir punah yaitu Pesut Mahakam. 

Berikut beberapa gambar yang saya ambil :




1 komentar: