Sabtu, 18 Mei 2013

6 Syarat Menuntut Ilmu

Seorang ulama besar yang cukup termasyhur di kalangan umat islam bernama Imam Syafi'i pernah menyatakan  bahwa minimal ada enam syarat yang harus dilakukan oleh seorang yang menuntut ilmu jika ia hendak berhasil dan sukses dalam mempelajari suatu ilmu. Enam syarat ini sudah beliau buktikan saat beliau menjadi seorang pelajar. karena kecintaannya akan ilmu agama begitu dalam, maka enam syarat yang beliau sarankan untuk kita agar kita juga memenuhi enam syarat tersebut. Dibawah ini adalah qaul ( ucapan ) Imam Syafi'i :

Akhii lan tanaalal ilma illa bi sittatin : saunbiika antafsiilihaa bibayaanin : 
zhakaain, wa hirishin , wajtihaadin, wadirhamin, washuhbati ustaazhin, 
watuulizzamaanin.
artinya : 
" wahai saudaraku engkau tidak akan mendapatkan ilmu kecuali dengan enam perkara yang saya akan terangkan perinciaannya :
kecerdasan,  ketamakan,. kesungguhan,  biaya, dekat dengan guru,  waktu yang panjang "

Dari qaul tersebut, maka bagi kita sebagai seorang pencinta ilmu, setidaknya ada enam syarat yang harus kita tempuh jika ingin berhasil mencapai kematangan akan keilmuaan kita. 6 syarat menuntut ilmu :
1. Kecerdasan ( intelligence ). 
Ada beberapa kecerdasan yang harus kita kembangkan dalam diri kita diantaranya : kecerdasan linguistik, logika,gerak,spacial,musik,intrapersonal, interpersonal dan kecerdasan naturalis.
2. Ketamakan ( greediness ).
Ketamakan akan ilmu artinya tidak ada perasaan puas dalam mencari beragam pengetahuan, baik agama maupun pengetahuan umum.
3. Kesungguhan ( seriousness )
Keberhasilan mendapatkan ilmu pengetahuan akan diperoleh jika ada keseriusan. sebagaimana pepatah arab mengatakan : "Man jadda wajada " Barangsiapa yang bersungguh-sungguh pasti berhasil "
4. Biaya ( expense ) 
Mendapatkan ilmu yang bermanfaat tidaklah gratis, tetapi dibutuhkan biaya sebagai penunjang kebutuhan akan segala bentuk sumber ilmu dan medianya agar ilmu tersebut dapat berkembang.
5. Dekat dengan guru
Guru merupakan sosok yng digugu dan ditiru. Kedekatan murid dengan guru diharapkan membawa keikhlasan guru dalam memberikan ilmunya kepada murid. Kedekatan dalam arti bahwa ta'dzim ( rasa hormat )murid kepada guru. karena guru yang baik merupakan warasatul anbiya ( pewaris para nabi ) yang layak di jadikan teladan bagi kita.
6. waktu yang panjang
Keberhasilan dalam mencapai pengetahuan tidaklah diperoleh dengan instan. Tetapi butuh proses yang lama agar keilmuan kita matang. dan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sepanjang hayat long life education

Tidak ada komentar:

Posting Komentar